MUTASI GURU SECARA BESAR-BESARAN AKAN DIGELAR DESEMBER MENDATANG

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Mendikbudku.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, H. Muh. Suruji mengatakan mutasi guru besar-besaran akan dilaksanakan Desember mendatang. Ini dilakukan dengan pertimbangan untuk melakukan pemerataan distribusi guru di seluruh wilayah NTB.

“Pergeseran guru ini pertimbangannya untuk distribusi lebih merata, jadi sekolah pinggiran misalnya di Pulau Sumbawa itu kita perkuat. Jadi distribusi ini untuk pemerataan bagaimana memperkuat sekolah pinggiran,” ujarnya, Kamis, 26 Oktober 2017.

Hasil gambar untuk guru pgri
Gambar Ilustrasi

Menurut Suruji, guru yang menumpuk di daerah perkotaan akan dialihkan ke wilayah yang kekurangan. Tak masalah jika di wilayah seperti Kota Mataram, Kota Sumbawa, Kota Dompu dan Kota Bima guru PNS dikurangi. Sebab, masih banyak guru honorer yang bisa mengajar di sana.

“Ndak apa-apa dia kosong di sana, banyak yang bisa, honorer. Tapi kalau guru honorer itu ditaruh di Tambora, Pulau Moyo itu kan susah, dia harus beli motor trail, padahal honornya ndak seberapa. Jadi ketika harus ada yang kosong, lebih baik itu di perkotaan,” sahutnya.

Ditanya tentang kemungkinan timbul keluhan dari para guru, Suruji meyakinkan tidak akan terjadi. Malah ia mengaku telah sejak lama ‘ditantang’ untuk untuk segera melakukan redistribusi guru. Tapi pihaknya memilih untuk melakukan sosialisasi dalam waktu lebih panjang, dan akhirnya akan digelar Desember bertepatan dengan awal semester baru.

Jika ada guru yang menolak direstribusi, Suruji menjawab boleh-boleh saja. “Boleh menolak, berhenti saja boleh apalagi menolak mutasi. Kalau menolak, dia kan tidak melaksanakan tugas. Nanti kalau sudah 46 hari bisa kita usulkan berhenti. Artinya kan dia sudah ingkar janji, kan dia berjanji mengabdi pada bangsa dan negara,” imbuhnya.

Terkait masalah penempatan, mantan Kepala Dinas Dikpora Lotim ini meyakinkan telah dilakukan pertimbangan matang. Dimana guru perempuan yang telah menikah tidak akan ditempatkan jauh dari keluarga.

“Guru perempuan tidak boleh ditaruh di tempat jauh, kecuali tempat jauh itu membuatnya dekat dengan suaminya. Ndak boleh guru itu dijauhkan dari suaminya. Kalau yang dimutasi ke tempat jauh itu pilih yang masih muda, laki-laki yang lebih muda. Jangan perempuan, bahaya,” tandasnya.

Sumber : wartapgri.id

Demikian berita seputar guru yang dapat mendikbudku.com bagikan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MUTASI GURU SECARA BESAR-BESARAN AKAN DIGELAR DESEMBER MENDATANG"

Posting Komentar