SISWA SMA TEMUKAN METODE HITUNG CEPAT TANDINGI KALKULATOR

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Siang

Mendikbudku.com - Metode “Ilhametika” demikian nama yang diberikan penemunya berupa rumus hitung cepat matematika penemuan seorang siswa SMA Negeri 2 Garut, Jawa Barat baru-baru ini.

Adalah Ilham Ali Robani siswa kelas XI SMA Negeri 2 Garut, yang telah berhasil menemukan rumus atau metode cepat matematika yang kecepatannya dapat menandingi cara hitung mesin menggunakan kalkulator.

Hasil gambar untuk siswa sma belajar kelompok
Gambar Ilustrasi

Rumus hitung cepat yang ditemukan Ilham ini mulai dari soal yang sangat sederhana hingga soal paling sulit sekalipun mengenai perkalian, pengurangan hingga penjumlahan dengan metode yang sangat mudah dan sederhana.

Metode hitung cepat versi ciptaan siswa SMA Negeri 2 Garut ini diberinama “Ilhametika” sesuai dengan nama penemunya siswa bernama Ilham Ali Robani.

Metode Ilhametika ini lebih menitikberatkan penghitungan  angka  dalam kotak dan rumus efikasi tentang penghitungan cepat baik perkalian maupun penjumlahan.

Dengan meggunakan variabel setiap angka yang dimasukan dalam 16 kotak yang ditemukan ilham, dalam rumusannya jika dikalikan atau dijumlahkan akan menghasilkan angka atau jumlah yang sama.

Menurut Dadang Argo Punomo pengajar di SMA Negeri 2 Garut mengatakan temuan siswanya tersebut sangat membanggakan dan telah mendapatkan apresiasi pihaknya dengan berbagai penghargaan serta memfasilitasi Ihlam untuk melakukan berbagai study keluar daerah.

“Kami sangat mengapresiasi temuan Ilham ini dengan berbagai penghargaan dan memfasilitasi yang bersangkutan untuk berbagai keperluan belajar keluar,”Kata Dadang Kepada Wartawan, Rabu (4/10/2017).

Dadang mengaku bangga dan pihaknya di SMA Negeri 2 Garut selalu memberikan apresiasinya terhadap siswa berprestasi dibidang apapun.

“Intinya kami terus mendorong siswa agar terus berprestasi dalam bidang apapun sesuai minat dan bakat siswa yang ada disekolah kami,”Tukasnya.

Tidak hanya para guru dan staf pengajar, sejumlah siswa lainnya baik teman satu kelas Ilham maupun yang lainnya memberikan apresiasi dan salut atas rumus cepat temuan rekannya tersebut sehinga cukup memudahkan untuk diaplikasikan.

“Ini kalau menurut saya cukup ajaib ya dapat kepikiran dan ditemukan ilham, keren dan salut,”ucap Eliana teman satu kelas Ilham.

Sementara itu rumus hitung cepat Matematikan dengan metode Ilhametika kini telah dibukukan dengan dana swadaya pihak sekolah.***JMB

Sumber : cakrawala.co

Demikian berita terkini yang dapat mendikbudku.com bagikan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SISWA SMA TEMUKAN METODE HITUNG CEPAT TANDINGI KALKULATOR"

Posting Komentar