INVESTASI PENDIDIKAN BESAR, SRI MULYANI SOROTI KINERJA GURU DI 2018

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Mendikbudku.com - Pemerintah menetapkan fokus investasi 2018 pada bidang infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Khusus SDM, pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap kinerja guru.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dunia melihat investasi Indonesia dengan Vietnam fokusnya hampir sama seperti infrastruktur dan pendidikan. Meski sama, di bidang pendidikan Vietnam lebih unggul dengan rangking pendidikan nomor 8 terbaik di dunia. Sementara Indonesia, pendidikannya masih berada di peringkat 53.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Gambar Ilustrasi

"Ini fenomena yang sekarang menjadi tantangan. Investasi manusia pada pendidikan dan kesehatan itu penting," tuturnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini, Sri Mulyani pun menyoroti kinerja guru di Indonesia. Dari datanya ada sekira 4 juta gutu yang setiap tahunnya dibayar pemerintah tapi kinerjanya tidak kompeten.

"Saya undangan guru Indonesia bertemu dan mereka akan membuat suatu platform supaya mutu-mutu guru bagus. Kalau nanti di track guru tidak kompeten," katanya.

Sebagai fokus pada investasi SDM, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, pemerintah menetapkan anggaran fungsi pendidikan Rp440,9 triliun. Plafon ini naik Rp14,2 triliun dibandingkan penetapan di APBN-P 2017 yang sebesar Rp426,7 triliun.

Dari anggaran fungsi pendidikan itu, anggaran transfer ke daerah masih mendominasi. Yakni, mencapai Rp279,3 triliun atau sekitar 63,34%.  Sementara anggaran fungsi pendidikan yang masuk kas kementerian, paling besar ada di Kementerian Agama (Kemenag) sejumlah Rp62,2 triliun. Disusul Kemenristekdikdi sebanyak Rp41,3 triliun. Lalu, Kemendikbud Rp40,1 triliun.

Berdasarkan data Kemenkeu pemerintah tetap mempertahankan plafon anggaran fungsi pendidikan 20%  dari total APBN. Tujuan utama anggaran fungsi pendidikan adalah untuk peningkatan akses, distribusi, dan kualitas pendidikan.

Sumber : okezone.com

Demikian berita terkini yang dapat mendikbudku.com bagikan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "INVESTASI PENDIDIKAN BESAR, SRI MULYANI SOROTI KINERJA GURU DI 2018"

  1. Bu menteri ini ngomongnya kok kemana-mana, tahu apa tentang guru? Jika itung2 gaji guru honorer sekolah-sekolah swasta yang kecil yang tak mengenal istilah UMR tetapi harus dipotong jika bethalangan hadir, justru Bu Menteti yang harusnya mengerti bagaimana cara menghargai seorang guru. Guru bekerja bukan cuma di kelas saja Bu. Pekerjaan rumah melebihi jam kerja di sekolah. Untuk apa semua itu kalau bukan untuk melaksanakan tugas,

    BalasHapus