SEORANG PENGAJAR GUGAT UU GURU DAN DOSEN KE MK

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Siang

Mendikbudku.com - Seorang tenaga pengajar pada Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Suharto mengajukan uji materi Pasal 48 ayat (3) UU Guru dan Dosen terkait dengan kenaikan pangkat bagi dosen. "Kami bekerja sudah hampir 30 tahun dan terhalang karena undang-undang yang saya ujikan ini," ujar Suharto di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Kamis (2/11).

Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)
Gambar Ilustrasi

Adapun pasal a quo menyebutkan bahwa persyaratan untuk menduduki jabatan akademik profesor harus memiliki kualifikasi akademik doktor, sehingga Suharto merasa hak konstitusionalnya terlanggar dengan berlakunya pasal a quo.

"Adanya undang-undang ini, praktis kami tidak bisa naik pangkat, sehingga timbul tanda tanya orang-orang seperti kami tidak bisa naik pangkat karena terbentur undang-undang itu," kata Suharto.

Selain itu Suharto dalam dalilnya menyebutkan bahwa pasal a quo bersifat diskriminatif dan multitafsir, terkait dengan frasa "kualifikasi" yang kemudian menyebabkan kesalahpahaman yang merugikan Pemohon. Berbagai macam tafsir dalam frasa tersebut dikatakan Suharto menyebabkan kesalahpahaman terkait dengan pengelolaan negara terutama terkait dengan bidang pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

"Hal ini kemudian menjadi inefisiensi," jelas Suharto.

Suharto juga mengatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian, kenaikan pangkat atau jabatan seorang dosen memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesejahteraan dosen. "Penelitian kami menunjukkan bahwa tingkat kinerja sistem nasional itu berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan tenaga pengajar, termasuk juga di dalamnya guru, dengan sendirinya posisi dari dosen itu sendiri," ungkap Suharto.

Dalam petitumnya Suharto meminta agar keberlakuan Pasal 48 ayat (3) UU Guru dan Dosen dibatalkan dan dinyatakan bertentangan dengan UUD 1945.

Sumber : republika.co.id

Demikian berita terkini yang dapat mendikbudku.com bagikan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEORANG PENGAJAR GUGAT UU GURU DAN DOSEN KE MK"

Posting Komentar